Lagu Kebangsaan Malaysia NEGARAKU Ternyata Hasil Jiplakan Lagu Indonesia TERANG BULAN yang Telah Populer Di Indonesia Sejak Th. 1930

Sepertinya karakter maling yang melekat pada diri bangsa malingsia emang udah dari sononya, setelah banyak banget yang telah ia curi dari Indonesia, kali ini terkuak bahwa lagu kebangsaan malingsia NEGARAKU adalah jiplakan dari lagu Indonesia yang populer pada tahun 1930 yang berjudul TERANG BULAN.

“Instrumennya sama dan tidak ada yang berbeda, hanya syair lagu berbeda,” ujar Konsultan Lokananta Recording, Jaka Irmanta, saat jumpa pers di kantornya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/8/2009).

Menurut dia, Lokananta baru mengetahui hal ini setelah menginventarisasi lagu asli Indonesia agar tidak diklaim Malaysia kembali. “Lagu ‘Terang Bulan’ pertama kali diputar di RRI Jakarta pada tahun 1956, sedangkan Malaysia baru merdeka pada 31 Agustus 1957,” tandasnya.

Menanggapi hal ini, pada Senin mendatang atau bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Malaysia, Lokananta akan mendatangi Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta sekaligus memberikan somasi atas lagu tersebut.

Sementara itu, Kepala Perum Lokananta Surakarta Ruktiningsih membantah jika lagu tersebut merupakan pemberian mantan Presiden Soekarno sebagai hadiah atas kemerdekaan Malaysia. “Tidak ada dokumen penyerahan lagu tersebut,” pungkasnya.

Menurut salah satu situs juga menyebutkan bahwa lagu TERANG BULAN pertama dinyanyikan oleh Bang Maing PENYANYI BELAKANG layar untuk aktor Rd Mochtar dalam film TERANG BULAN tahun 1930-an.

Sebenarnya, dirinya sudah mengetahui sejak lama adanya dugaan menjiplakan lagu Terang Bulan tersebut oleh Malaysia. Semula, pihaknya hanya berdiam diri dan tidak pernah mempermasalahkan. “Namun setelah adanya kasus tari Pendet, kita tidak bisa lagi berdiam diri,” katanya.

Menurut konsultan hukum Lokananta, Jaka Irwanta, pihaknya akan segera menghadap Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, untuk membicarakan masalah dugaan penjiplakan lagu milik Lokananta oleh Malaysia. “Kemungkinan pekan depan kita akan ke Jakarta,” kata Jaka Irwanta, Jumat (28/8).

Jaka mengatakan, agenda dalam pertemuan tersebut akan membicarakan mengenai kemungkinan dilakukannya pelayangan surat somasi kepada Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia.

Dirinya mengakui, jika somasi tersebut dilayangkan, berpotensi membawa akibat besar terhadap hubungan antar negara. “Sebab tidak main-main, yang disomasi adalah lagu kebangsaan,” kata Jaka. Hanya saja menurutnya, Malaysia perlu untuk mendapatkan pelajaran agar dapat menghargai kebudayaan bangsa lain, terutama Indonesia.

Selanjutnya Jaka menceritakan, sebenarnya Presiden Soekarno memang pernah menghadiahkan piringan hitam lagu Terang Bulan kepada pemerintah Malaysia, yang saat itu belum merdeka. “Namun itu hanya hadiah, bukannya untuk dijiplak,” katanya.

Untuk meyakinkan bagaimana persisnya lagu kebangsaan malingsia NEGARAKU, Anda bisa download atau dengarkan lagu TERANG BULAN disini. <Broken link> Lagi gue cariin nich….termasuk juga lagu NEGARAKU-nya malingsia.

Nich dari youtube :
NEGARAKU

TERANG BULAN

Dari berbagai sumber.

Terang Bulan –

About these ads

82 pemikiran pada “Lagu Kebangsaan Malaysia NEGARAKU Ternyata Hasil Jiplakan Lagu Indonesia TERANG BULAN yang Telah Populer Di Indonesia Sejak Th. 1930

  1. you are truly a excellent webmaster. The site loading velocity is amazing.
    It seems that you are doing any unique trick.
    In addition, The contents are masterwork. you have done a magnificent task on this subject!

    • Along berkata:

      maaf yer.. lagu kebangsaan Malaysia diambil sempena lagu Negeri Perak. Lagu Perak dikarya pada tahun 1888. makanya lagu terang bulan maseh belun dikaryakan lagi.

  2. joy berkata:

    Kalau dilihat sejarahnya, Terang Bulan bukan asli Indonesia. Itu lagu ciptaan orang Prancis judulnya La Rosalie yang memang populer di beberapa negara seperti Seychelles, Perak (Malaysia), Belanda dan Hawaii. Di Indonesia sendiri (waktu itu masih Hindia Belanda), lagu ini dialihbahasakan menjadi Terang Bulan. Jadi ngapain diributkan? Toh, di negara lain, lagu ini juga dijiplak

  3. agus berkata:

    ehh malaysia saya emang orang indonesia tapi ngapain mu jiplak tari pendet saya orang dari bali dan kakek saya bilang tari pendet udah dari dulu dibikin sama i wayan rindi dan kamu berhak apa menjiplaknya saya orang dari indonesia sekaligus bali muak sama negaramu cuih dulu lagu terang bulan yang dijiplak sekarang tari pendet dasar tukang jiplak pasti pinter ngejiplak ya kalo punya budaya pakai dong budaya sendiri kalo punya lahan pake dong lahan sendiri lahan indonesia aja diambil dasar negara penjiplak!!!!!!!!!

  4. zety :
    memang la org indon yg buat.. kami tak nafikan itu… sebab apa org indon yg buat?? sebabnya rakyat kamu suma mencari rezeki di bumi bertuah kami ini.. nak tanya sikit.. knapa korang beriya2 nak kerja di bumi Malaysia? apa tak ade ke pekerjaan di Indon sampai kena datang ke bumi Malaysia? Indon dah miskin papa kedana sangat eh sampai kena merempat kat negara orang??LOL~

    Walaupun indonesia miskin, tapi tetap kaya budaya, sampai-sampai diklaim ma malaysia. Dasar gak kreatif !

  5. Lebih baik buat aja syair lagu nya begini….
    Negara ku…
    Sarang dan tempat nya pencuri…
    Rakyat hidup…
    Bersatu untuk mencuri…
    Rahmat tuhan tapi disalah arti…
    Raja kita tukang sodomi…..
    Pantat rakyat nya ditembus sampai mati…….

  6. Satya berkata:

    wah maleeeeeeeeeeeng-maleeeeeeeeeeeng

    untuk apa negara hebat tapi tidak beretika dan tidak tahu malu.
    percumaaaaaaaaaaaaa.
    tidak akan menggelegar nama negaramu di dunia hai engkau Malingsia !

  7. jocho berkata:

    risihh ahh….punya negara tetangga maling !!!!
    terhina x d mata INDONESIA RAYA ku…….
    hhaaadddooooohhh………maleeeeeenng,,maleng !!

  8. aldhhhiiey berkata:

    HAH. . . !!!
    malingsial itu emang anjing. . . .
    gak punya karya samasekli, malingsial itu tdk punya bahasa. . .
    dsar maling ikan , anjing, taek, djancok
    paling malingsial itu bisa.a cuma ngentotin ibunya sendiri. . ..
    ancoooook !!!!!!!!!

  9. malingsia memang”ANJING”suke-suke je curi lagu orang indon
    tak pandai ke buat lagu negare sendiri,?tak yalah cakap besar,tak ya suka jelek-jelekan orang indon,petronas siape yg buat klau bkan orang indon,patut ke awak semua bangsa malyngsia bangga………….DASAR MALING SELAMENYE PASTI NAK MALING JUGE”””

    • zety berkata:

      memang la org indon yg buat.. kami tak nafikan itu… sebab apa org indon yg buat?? sebabnya rakyat kamu suma mencari rezeki di bumi bertuah kami ini.. nak tanya sikit.. knapa korang beriya2 nak kerja di bumi Malaysia? apa tak ade ke pekerjaan di Indon sampai kena datang ke bumi Malaysia? Indon dah miskin papa kedana sangat eh sampai kena merempat kat negara orang??LOL~

  10. malaysia pantat berkata:

    dahulu masa-masa malingsia baru merdeka, tidak ada yang berpendidikan disana,,,,guru-guru, dokter, dan tenaga pekerja lainnya banyak yang dikirim ke malingsia dikala itu untuk memulihkan negara malingsia itu karna baru merdeka,,, guru indonesia mengajar menggunakan metode menyanyi pada saat itu,,,banyak lagu-lagu indonesia yang mereka pelajari, termasuk lagu terang bulan,,,lambat laun anak-anak dan masyarakat di sana sudah lafal dengan lagu tersebut, sehingga besar kemungkinan lagu tersebut sudah dianggap mereka lagu mereka sendiri,,, diubahlah lirih lagu Terang Bulan tersebut dijadikan menjadi lagu kebangsaan negara mereka…puihhhhh dasar maling, tetap maling,,, malingsia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s